Senin, 14 September 2009

Resensi Buku Sekolah Itu Candu

Resensi Buku:
Judul Buku: Sekolah Itu Candu
Penulis: Salman Ala
Penerbit: Biaro Press, Jakarta
Tahun Terbit: 2009









Satu saat aku tengah berpikir memilih sekolah bagi putra sulungku. Semua sekolah yang menyatakan diri sebagai sekolah PLUS memasang tarif jutaan untuk uang pangkalnya.

Aku jadi teringat akan sebuah buku yang berjudul Sekolah Itu Candu, isinya mengkritisi institusi yang disebut SEKOLAH dan mengajak kita berpikir ulang apakah kita WAJIB SEKOLAH???

Sebagai seorang yang “hobi” mengajar aku tahu sedikit banyak kurikulum yang ada dan bagaimana sebenarnya sekolah-sekolah yang menyatakan dirinya plus itu pun sedang mencari bentuk (belum mapan)

Mendapatkan pengetahuan tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah, ia hanyalah salah satu jalan untuk beroleh pengetahuan.

Akhirnya kuputuskan untuk memasukkan anak kami ke TK Al-qur’an sekolah yang sangat sederhana. Kukirimkan anakku ke sana agar mampu bersosialisasi, berkompetisi, punya rasa percaya diri, serta belajar membaca al-qur’an sejak dini.

Keterampilan lainnya seperti mengoperasikan computer, bahasa Inggris, matematika aku yang mengenalkannya di rumah (soalnya aku’kan ibu RT yang waktunya banyak di rumah)

Mulanya sih anakku agak protes karena di sekolah itu mainannya sedikit, namun dengan sedikit penjelasan dariku (karena aku punya banyak mainan di rumah, kebetulan tantenya produsen mainan anak ) akhirnya sekarang dia amat semangat sekolah (bahkan pergi dan pulang sendiri).

2 komentar:

  1. sekolah telah mati,kita hidupkan belajar..

    salam pendidikan..semoga maju dan berkembang...salam dari aceh

    BalasHapus
  2. Terimakasih telah mengulas buku terbitan INSISTPress. Rehal buku ikut ditautkan ke link: http://insistpress.com/katalog/sekolah-itu-candu/

    BalasHapus